Sabtu, 08 Oktober 2011

Organisasi

 

 

* Type Organisasi

 

Dalam suatu organisasi haruslah terdiri dari pengurus dan anggota. Organisasi dapat dibedakan menjadi beberapa tipe yaitu :

1. Piramida Mendatar ( Flat )

Mempunyai ciri – ciri yaitu :

a. Jumlah satuan organisasi tidak banyak sehingga tingkat-tingkat hararki kewenangan sedikit

b. Jumlah pekerja(bawahan) yang harus dikendalikan cukup banyak

c. Format jabatan untuk tingkat pimpinan sedikit karena jumlah pimpinan relatif kecil,di negara kita bisa kita lihat misal nya organisasi kemiliteran.

2. Piramida Terbalik

Organisasi piramida terbalik adalah kebalikan dari tipe piramida terbalik adalah jumlah jabatan pimpinan lebih besar daripada jumlah pekerja. Organisasi ini hanya cocok untuk organisasi-organisasi yang pengangkatan pegawainya berdasarkan atas jabatan fungsional seperti organisasi-organisasi/ lembaga-lembaga penelitian, lembaga-lembaga pendidikan.

3. Kerucut

Tipe ini mempunyai ciri – ciri sebagai berikut :

a. Jumlah satuan organisasi banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki/kewenangan banyak

b. Rentang kendali sempit

c. Pelimpahan wewenang dan tanggung jawab kepada penjabat/pimpinan yang bawah/rendah

d. Jarak antara pimpinan tingkat atas dengan pimpinan tingkat bawah terlalu jauh

e. Jumlah informasi jabatan cukup besar.

 

* Bentuk Organisasi

Berikut adalah bentuk – bentuk organisasi :

1. Bentuk organisasi staff
2. Bentuk organisasi lini
3.Bentuk organisasi fungsional
4. Bentuk organisasi fungsional dan lini
5. Bentuk organisasi fungsional dan staff
6. Bentuk organisasi lini dan staff.

 

* Struktur Organisasi

 

Adalah bagaimana pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan secara formal.

Ada 6 elemen yang harus diperhatikan oleh siapapun dalam membuat struktur organisasi, diantaranya :

1. Spesialisasi pekerjaan. Sejauh mana tugas-tugas dalam organisasi dibagi-bagi ke dalam beberapa pekerjaan tersendiri

2. Departementalisasi. Dasar yang dipakai untuk mengelompokkan pekerjaan secara bersama-sama. Departementalisasi dapat berupa proses, produk, geografi, dan pelanggan

3. Rantai komando. Garis wewenang yang tanpa putus yang membentang dari puncak organisasi ke eselon paling bawah dan menjelaskan siapa bertanggung jawab kepada siapa

4. Rentang kendali. Jumlah bawahan yang dapat diarahkan oleh seorang manajer secara efisien dan efektif

5. Sentralisasi dan Desentralisasi. Sentralisasi mengacu pada sejauh mana tingkat pengambilan keputusan terkonsentrasi pada satu titik di dalam organisasi. Desentralisasi adalah lawan dari sentralisasi

6. Formalisasi. Sejauh mana pekerjaan-pekerjaan di dalam organisasi dibakukan.

Untuk men-design struktur organisasi secara umum dibagi menjadi 3, yaitu :

1. Struktur Sederhana

Adalah sebuah struktur yang dicirikan dengan kadar departementalisasi yang rendah, rentang kendali yang luas, wewenang yang terpusat pada seseorang saja, dan sedikit formalisasi.

2. Birokrasi

Adalah sebuah struktur dengan tugas-tugas operasi yang sangat rutin yang dicapai melalui spesialisasi, aturan dan ketentuan yang sangat formal, tugas-tugas yang dikelompokkan ke dalam berbagai departemen fungsional, wewenang terpusat, rentang kendali yang sempit, dan pengambilan keputusan yang mengikuti rantai komando.

3. Struktur Matriks

Adalah sebuah struktur yang menciptakan garis wewenang ganda dan menggabungkan departementalisasi fungsional dan produk.

 

Namun seiring perkembangan zaman muncullah design struktur organisasi yang lain di zaman modern ini, diantaranya :

1. Struktur Tim

Adalah pemanfaatan tim sebagai perangkat sentral untuk mengoordinasikan kegiatan-kegiatan kerja.

2. Organisasi Virtual

Adalah organisasi inti kecil yang menyubkontrakkan fungsi-fungsi utama bisnis.

3. Organisasi Nirbatas

Adalah sebuah organisasi yang berusaha menghapuskan rantai komando, memiliki rentang kendali tak terbatas, dan mengganti departemen dengan tim yang diberdayakan.

 

* Skema Organisasi

Adalah suatu lukisan yang dimaksudkan untuk menggambarkan susunan organisasi baik mengenai fungsi, bidang, tingkatan maupun rentang kendalinya.

Macam – macam skema organisasi :

1. Berdasarkan teknik atau cara membuatnya :

a. Skema organisasi Tegak Lurus dari atas ke bawah

b. Skema organisasi Mendatar dari kiri ke kanan

c. Skema organisasi gabungan Tegak Lurus dan Mendatar

d. Skema organisasi Lingkaran

e. Skema organisasi Gambar.

2. Berdasarkan isi atau fungsi di dalamnya :

a. Skema Organisasi Fungsional :

Adalah menjelaskan tentang letak dari fungsi-fungsi tugas dalam hubungannya dengan fungsi-funsi yang lain

b. Skema Organisasi Nama :

Adalah menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan nama-nama para pejabat yang bersangkutan

c. Skema Organisasi Nama dan Jabatan :

Adalah menggabungkan antara masing-masing jabatan dengan masing-masing nama para pejabat dalam suatu organisasi.

d. Skema Organisasi Struktur

Adalah menjelaskan tingkatan jenjang antara unit-unit dalam organisasi tersebut.

 

 

 

Sumber

http://ballo.wordpress.com/2010/10/19/type-dan-bentuk-organisasi/

http://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_organisasi

http://gozaligunadarma.blogspot.com/2010/09/struktur-skema-bagan-organisasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar