Rabu, 02 Oktober 2013

Tugas 1 Pengantar Telematika ( Pengenalan )

 Tugas 1 Pengantar Telematika

1.       Teknologi merupakan ilmu pengetahuan yang di proses sehingga menciptakan barang – barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan manusia. Semakin berkembangnya teknologi maka segala sesuatu yang berhubungan dengan informasi harus semakin mudah, cepat dan tepat didapatkan bagi pengguna teknologi. Begitu pentingnya informasi yang update bagi kehidupan sehari-hari sehingga membuat kita menjadi ketergantungan akan infomasi setiap saatnya. Ini dibuktikan oleh barang yang digunakan oleh manusia yang sudah ada dalam genggaman untuk mendapatkan semua informasi yang diinginkan. Untuk itu perkembangan teknologi sangat penting bagi penyebarluasan informasi, baik informasi yang sifatnya lokal maupun interlokal.
2.       Peranan telematika dalam bidang pendidikan sangatlah berpengaruh dan bermanfaat bagi yang sudah melakukannya, sebagai contoh yaitu adanya forum atau komunitas di internet sebagai wadah sharing pengalaman maupun ilmu yang telah didapat dari anggota komunitas tersebut. Sebagai contoh lain yaitu adanya e-learning yang memungkinkan seorang pelajar bisa belajar dirumah dengan hanya mengandalkan komputer dan internet. Dengan itu peranan teknologi begitu penting karena berbagai aspek bisa tercakupi seperti hemat biaya dan waktu.
3.                Beberapa manfaat telematika :
a.       Hemat biaya, contohnya dengan adanya internet tidak perlu lagi datang ke luar negeri untuk berkomunikasi tatap muka dengan teman atau sodara yang tinggal di luar negeri.
b.      Efisiensi dalam bekerja, contohnya saja sekarang sudah menjadi trend teknologi BYOD (Bring Your Own Device), jadi seorang karyawan tidak harus berada dikantor dalam melakukan perkerjaannya karena dengan teknologi tersebut dan tentunya didukung oleh koneksi internet seorang karyawan dapat bekerja dimana saja dengan menggunakan perangkat yang telah didukung.
Selain manfaat atau sisi positif telematika adapula sisi negatif-nya, yaitu :
a.       Tumbuhnya orang – orang yang tidak bertanggung jawab dengan adanya teknologi yang semakin maju, seperti para hacker yang berdampak negatif atau merugikan bagi orang / badan usaha yang menjadi korban hacker tersebut.
4.       Dampak negatif memang ada dan akan terus bermunculnya seiring dengan teknologi yang semakin canggih, namun sebagai orang yang peduli terhadap telematika yang dapat dilakukan untuk itu perlu pencegahan minimal harus memproteksi komputer dari serangan hacker tersebut seperti menggunakan firewall atau antivirus/antihacker, atau perlu ditegaskan lagi peraturan pemerintah mengenai perbuatan hacker ini agar mengurangi orang yang tidak bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar